newnavbar

Wednesday, February 10, 2016

Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Operasi Android

Sebagai sistem operasi, Android juga telah banyak dugunakan oleh berbagai vendor ponsel. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan ponsel bersistem Android, antara lain

Kelebihan :

1. Multitasking
Kita bisa menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Contohnya kita BBM-an sambil Facebookan.

2. Terdapat notifikasi ketia ada panggilan/sms
Ketika ada SMS dan email masuk, akan ada terdapat notifikasi pada home screen di layar ponsel diikuti dengan indikator yang berkedip-kedip, atau bunyi-bunyian, sehingga pengguna ponsel tidak akan ketinggalan ketiak ada sms/panggilan yang masuk.

3. Dukungan ribuan aplikasi terpecaya melalui situs Google Play. Google telah menyediakan situs Google Play (dulu Android Market) bagi para pengguna android untuk mendapatkan berbagai macam aplikasi yang diperlukan. Bagi para maniak Game, anda bisa mendapatkan berbagai macam game dalam situs tersebut secara gratis.

4. Penggunaan widget pada home screen, sehingga akan memudahkan dan mempercepat pengguna ketika membuka aplikasi.

Kekurangan :

1. Boros pada penggunaan batrai
Hal ini dikarenakan banyaknya fitur android, seperti 3G, Maps,dll, sehingga selalu terkoneksi dengan internet. Untuk menghemat, anda bisa mematikan fitur-fitur yang dirasa tidak diperlukan. Caranya dengan menonaktifkan koneksi internet anda

2. Sentralisasi Google
Karena android merupakan produk open-source dari Google, maka aplikasi yang berjalan pada Android kebanyakan menyatu dengan layanan Google. Seperti ketika anda pertam kali mengaktifkan ponsel Android maka memerlukan registrasi yang menggunakan email. Bagi pengguna yang berlu terbiasa dengan produk Google maka harus menyesuaikan diri.

Sentralisasi dengan Google juga membuat anda harus sharing barbagai informasi ke Google. Atau dengan kata lain, privasi anda kan berkurang karena sebenarnya anda  diawasi oleh Google. Google bisa saha mencatat situr-situs yang anad kunjungi dan layanan-layanan yang diakses oleh perangkat Android anda.

3. Tidak mendukung penggunaan J2ME
Hal ini berakibat pada seorang programer Java harus belajar dari awal lagi. Dan bagi pengguna,aplikasi yang disukai tidak akan dapat berjalan pada Android. Disebabkan Android hanya menggunakan bahasanya saja, sedangkan library dan user inerface-nya berbeda dengan yang ada di J2ME.

4. Security yang masih tergolong rendah.
Contoh banyak malware yang menyerang aplikasi. Sehingga bebrapa produsen Antivirus menyediakan aplikasi mereka dalam bentuk Android, seperti AVG, Lookout, Super Scurity,dll.



SEKIAN INFORMASI DARI SAYA SEMOGA BERMANFAAT

No comments:

Post a Comment

Baca Juga