newnavbar

Monday, February 1, 2016

Materi Dasar SQLite Android

SQLite merupakan database Open Source yang di-embed ke Android. SQLite mendukung fitur database RDMS standar, seperti sintaks SQL, transaksi, dan prepared statement. Walaupun demikian, sqlite hanya membutuhkan sdikit memory saat runtime, yaitu sekitar 250 kByte.

SQLite mendukung tipe data berikut :

* TEXT yang indetik dengan String di Java
* INTEGER yang identik dengan long di Java
* Real yang identik dengan double di Java

Semua tipe lain harus dikonveris ke salah satu tipe field ini untuk dikonveris ke database. SQLite sendiri tidak memvalidasi apakan tipe yang ditulis ke kolom sesuai dengan tipe yang didefinisikan. Anda bisa menuliskan integer ke kolom string.

SQLite tersedia di tiap piranti Android. Menggunakan database sqlite di android tidak memerlukan setup database atau administrasi tertntu. Anda tinggal menentukan sql yang akan dipakai untuk bekerja dengan databas, maka database sudah siap untuk langsung digunakan.

Bekerja dengan database cenderung merupakan "kerja keras" bagi android. Karena itu, anda disarankan untuk melakukan task ni di background. Misalanya melalui AsyncTask.

Jika aplikasi anda meng-create database, maka database ini disimpan di derektori DATA/data/NAMA_APLIKASI/database/NAMAFILE.DATA. Ini adalah path yang dikembalikan oleh method Enviroment.getDataDirectory(). NAMA_APLIKASI adalah nama aplikasi anda, dan NAMAFILE adalah nama yang anda berikan untuk database saat database dibuat. Enviroment.getDataDirektory() biasanya mengembalikan nilai SD card sebagai lokasi.

Beberapa fitur yang ada pada SQLite, antara lain

* Serverless, artinya SQLite tidak memerlukan proses pada server melainkan hanya sebuah file yang diakases oleh library SQLite.

* Zero Configuration, artinya ketika membuat sebuah database seperti membuat file biasa.

* Cross-platform, artinya semua database berada dalam sebua file cross-platform dan tidak memerlukan administrasi.

* Self-contained, artinya terdapat library yang mengandung keseluruhan database dan langsung terintegrasi pada aplikasi program.

* Transanction, artinya SQLite memperbolehkan aksi penyimpanan melalui beberapa proses thread.

* Full featured, artinya SQLite men-support sebagian besar standart SQL92 (SQL2).

* Highly reliable, artinya  tim pengembang SQLite telah mengembangkan dengan proses yang serius dan testing yang ketat

No comments:

Post a Comment

Baca Juga