newnavbar

Tuesday, January 26, 2016

Komponen Dasar HTML

Html merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language adalah script untuk menyusun dokumen-dokumen Web. Dokumen HTML disimpan dalam format teks reguler dan mengandung tag-tag yang memerintahkan web browser untuk mengeksekusi perintah-perintah yang dispesifikasikan.

Berikut adalah struktur atau komponen dasar dalam HTML

a. Tag
Tag adalah teks khusus (markup) berupa dua karakter yairu "<" dan ">" sebagai conth <body> adalah tag dengan nama body. Secara umum tag ditulis secara berpasangan, yang terdiri atas tag pembuka dan tag penutup (ditambahkan karakter "/" setelah karakter "<" pada tag bagian akhir), sebagai contoh <body> ini adalah tag pembuka dan </body> adalah tag penutup dari tag sebelumya.

b. Element
Element terdiri atas tiga bagian, yaitu tag pembuka, isi, dan tag penutup. Sebagai contoh untuk menampikan judul dokumen HTML pada web browser digunakan element title, dimana : <title> adalah tag pembuka judul dokumen HTML Di Sini Judul Dokumen HTML ini adalah isi judul dokumen HTML </title> ini adalah tag penutup judul dokumen HTML. Tag - tag yang ditulis secara berpasangan pada suatu element HTML, tidak boleh saling tumpang tindah dengan pasangan tag-tag lanya. Contoh penulisan tag-tag yang benar.


Contoh penulisan tag-tag yang salah


c. Attribute
Attribute mendifinisikan property dari suatu element HTML, yan terdiri atas nama dan nilai. Penulisanya adalah sebagai berikut.


Secara umum nilai attribute harus berada dalam tanda petik saut atau dua. Sebagai contohm untuk membuat warna teks menjadi kuning dan latar belakang halaman web menjadi hitam, penulisanya adalah <body bgcolor="black" text="yellow">

d.Element HTML
Menyatakan pada browser bahwa dokumen Web yang digunakan adalah HTML.
Sintaks :
<html>
...............
</html>

e. Element Head
Element Head merupakan kepala dari dokumen HTML. Tag <head> dan tag </head> terletak di antara tag <html> dan tag </html>
Sintaks :
<head>
...............
</head>

f. Element Title
Element Title merupakan judul dari dokumen HTML yang ditampilkan pada judul jendela browser. Tag <title> dan tag </title> terletak di antara tag <head> dan tag </head>.
Sintaks :
<title>
............
</title>

g. Element Body
Element ini untuk menampailkan isi dari dokumen HTML. Tag <body> dan tag </body> terletak di bawah tag <head> dan tag </head>. Element body mempunyai attribute-attribute yang menspesifikasikan khususnya warna dan latarbelakang dokumen yang akan ditampilkan pada browser.
Sintaks :
<body> text="v" bgcolor="w" background="url" link="x">
.......................
</body>
Attribute text memberikan warna pada teks, bgcolor memberikan warna pada latarbelakang dookumen HTML, background memberikan latarbelakang dokumen HTML dalam bentuk gambar, link memberikan nilai warna untuk link. Jika attribute bgcolor dan background keduanya sipesifikasikan maka attribute background yang akan digunakan, akan tetapi jika nilai anttribute background (gambar) tidak ditemukan pada dokumen HTML maka attribute bgcolor yang akan digunakan.

1 comment:

Baca Juga