newnavbar

Monday, January 25, 2016

Metode Atau Cara Inputan Dalam Android

Android juga memiliki perbedaan user input, yang utama adalah touchscreen. Touchscreen memungkinkan user untuk berinteraksi dengan display visual. Ada tiga tipe teknonlogi layar sentuh aliat touchscreen ini

a. Resistif
Dua lapis material diletakan di atas lapisan kaca di layar. Ketika jari atau stylus menkan atau membari tekanan maka kedua lapisan ini akan bersentuhan dan lokasi dari penekanan bisa ditentukan. Layar sensitifini sangat murah, tapi tidak mendukung multitaouch hinga barusan saja sudah bisa mendukung multitouch. Efektivitas model ini sekitar 75%.

b. Kapasitif
Material bermuatan diletakan di atas layar kaca. Ketika tangan anda atau objek konduktif yang menyentuh layar, maka muatan akan berpindah, dan mengubah nilai kapasitasinya. Ini akan diukur untuk menentukan lokasi penyentukan. Ini sangat efektif, nilainya hingga 90%. Tapi akurasinya tidak seakurat resistif.

c. Surface  Acoustic Wave
Model  ini menggunakan metode yang akan mengirim dan menerima gelombang ultrasonik. Ketika tangan anda atau objek lain menyentuh layar maka gelombang akan diserap. Maka gelombang diukur untuk menentukan lokasi penyentuhan. Ini merupakan solusi paling awet, ini lazim diterapkan di ukuran layar besar, misalnya ATM.

Semua piranti android bisanya menggunakan salah satu metode, entah resistif atau kapasitif. Dan biasanya mendukung multitouch.

Selain touchscreen, piranti android juga biasanya punya metode alternatif untuk mengakses layar. Berikut ini beberapa alternatif lain.

a. D-pad (direcational pad ) : Sebuah joystik untuk menunjukan atas bawah dan kanan kiri.
b. Trackball : Sebuah bola berputar yang mirip dengan piranti mouse di komputer.
c. Trackpad : Sebuah permukaan kotak yang berfungsi sebagai alat penunjuk.

Kebanyakan smartphone punya tiga sensor dasar, antara lain adalah

a. Accelerometer tiga sumbu : Digunakan untuk mengatur navigasi.
b. Magnetometer tiga sumbu : Untuk mengatur medan magnet ambien
c. Senesor temperatur untuk mengatur temperatur ambien.

No comments:

Post a Comment

Baca Juga