newnavbar

Saturday, May 16, 2015

Kerangka Dasar Program Bahasa C

Setiap program yang di tulis dengan menggunakan bahasa C harus mempunyai fungsi utama, yang bernama main(). fungsi inilah yang kan dipanggil pertama kalai pada saatproses eksekusi program. Artinya apabila kita mempunyai fungis lain selain fungsi utama, maka fungsi lain baru akan dipanggil pada saat digunakan. Fungis main() ini dapat mengembalikan nilai 0 ke sistem operasi yang berarti bahwa program tersebut berjalan dengan baik tanpa adanya kesalahan.

Berikut ini dua bentuk kerangka dasar fungsi main() di dalam bahasa C yang sama-sama dapat digunakan.

a.  Bentuk pertama (tanpa pengembalian nilai ke sistem operasi).








    Kata kunci void di atas bersipat opsional, artinya bisa ditulis atau bisa juga tidak.

b.  Bentuk kedua (dengan mengembalikan nilai 0 ke sistem operasi).









   Kata kunci void  di atas juga bersifat opsional. Namun, banyak para programer C pada umumnya menuliskan kata kunci tersebut di dalam fungsi yang tidak memiliki parameter.

Bentuk untuk kerangka lengkap dari program yang di tulis dalam bahasa C adalah seperti di tulis di bawah ini
























Oleh karna bahasa C merupakan bahasa prosedural yang akan menerapkan konsep runtunan(program dieksekusi per baris dari atas ke bawah secara berurutan), maka apabila kita menuliskan fungsi-fungsi lain tersebut di bawah fungsi utama, maka kita harus menuliskan bagian prototipe (prototype), hal ini dimaksudkan untuk mengenalkan terlebih dahulu kepada kompilator daftar fungsi yang akan digunakan di dalam program. Namun apabila kita menuliskan fungsi-fungsi lain tersebut di atas ata sebelum fungsi utama =, maka kita tidak perlu lagi untuk menuliskan bagian prototipe di atas. Untuk lebih jelasnya, perhatikan kerangka program di bawah ini dimana fungsi-fungsi yang akan digunakan dituliskan sebelum fungsi utama.






















Program yang ditulis di dalam bahasa C akan disimpan dalam file yang berektensi C (*.c), misal contoh1.c. Sebagai tambahan pengetuan bagi anda bahwa program yang ditulis dengan bahasa C ini dapat dikenali dan dikompilasi dengan menggunakan kompilator C++. Sehingga apabila anda tidak memilik kompilator C, maka anda juga dapat mencoba menjalankan contoh-contoh program di dalam artikel ini dengan mengunakan kompilator C++ (dalam segala bentuk variannya, seperti Turbo C++, Borland C++, MinGW, C++ Builder, Visual C++ dll), tentunya selama program yang kita buat tidak menggunakan file header yang spesifik ari kompilator tertentu.

No comments:

Post a Comment

Baca Juga