newnavbar

Friday, May 22, 2015

Menggunakan Fungsi Dari Printf dan Scanf Dalam Pemrograman BahasaC

Dalam membuat suatu program komputer, kita tidak akan terlepas dari IPO ( Input Proses Output). Untuk melakukan hal tersebut, di dalam bahasa C telah di sediakan fungsi pustaka, yaitu fungsi printf() yang berguna untuk menampilkan output dari data, dan fungsu sancf() yang berguna untuk membaca masukan data atau input. Adapun prototipe dari kedua fungsi tersebut dapat anda lihat di bawah ini.

printf(const char *format,...);
scanf(const char *format,...);

Setelah anda mengetahui konsep dasar dan kerangka dasar program bahasa C yang telah di terangkan, sekarang kita akan memulai penulisan kose sederhana. Adapun sintak program adalah sebagai berikut



Apabila di jalankan akan tampil sebagai berikut.


Sekarang kita akan menggunkan input-an dari keyboard, yaitu dengan menggunakan sintak scanf(). Adapun contoh-nya adalah sebagai berikut.















Maksud dari sintak di atas adalah membaca nilai yang bertipe int dari keyboard dan menyimpan nilai tersebut ke dalam alamat memori yang ditempati oleh variabel x, dan sekarang apabila program tersebut di jalan akan hasilnya adalah sebagai berikut.


Adapun hal yang perlu anda ketahui di dalam menggunakan fungsi printf() adalah format argumen yang terdapat di dalamnya. Perhatikan contoh sintak berikut.







Dan hasil dari sintak di atas adalah sebagai berikikut.

Nilai dari x adalah 10

%d di atas menunjukan argumen yang digunakan untuk menampilkan nilai dengan tipe data int. Sedangkan nilai 10 menunjukan nilai yang akan diisikan untuk menggantikan argumen tersebut. Selanjutnya, katakter d yang mengukuti tanda % di sini berguna untuk memberitahu kompilator bahwa nilai yang akan ditampilkan bertima int Artinya, apabila kita akan menampilkan nilai dengan tipe data lain maka karakter yang mengikuti tanta %-pun akan berbeda. Berikut ini daftar argumen yang dapat dijadikan sebagai format untuk menentukan tipe argumen pada fungsi printf().

Berikut ini contoh penggunaan fungsi printf() yang mengandung banyak argumen dan tipe yang berbeda.

Jika sintak di atas di jalankan akam mengasilakan tampilan seperti berikut.

Bilangan 2.3 yang ada pada "%2.3f" di atas menunjukan bahwa bilangan rill tersebut menunjukan bahwa bilangan rill tersebut akan tersimpan dalam dua presisi dan tiga angka di belakang koma.

Satu hal lagi yang perlu untuk dipahami dalam menggunkan fungsi printf() adalah konstanta karakter, atau disebut juga dengan suatu konstanta yang di awali dengan tanda backslash('\').Dan berikut ini adalah daftar konstanta yang dapat digunakan dalam bahasa C.




















Nb : jika menggunakan dua karakter atau lebih konstanta yang tersusun dalam satu perintah maka akan di baca satu karakter.

No comments:

Post a Comment

Baca Juga